Sosialisasi Pemula pada Pemilukada


Menjadi Pemilih Cerdas, Untuk Kemajuan Bangsa
Menyimak, Mengkilas Balik, Pendidikan Politik Instan yang dipandu oleh ketua PPS Kel. Madureso

Pada Tahun demokrasi ini, kita digenjarkan banyak sekali, pemilihan – pemilihan kepala daerah . Dengan berbagai genjaran janji – janji yang dipaparkan oleh PacCol ( Pasangan Calon ).  Kampaye bertebaran dimana – mana, namun demikiliah politik. Kita harus pintar menyikapi berbagai halangan yang akan mengubah jalannya otak dan menikungnya hati nurani. Sebab Pemilu adalah penyaluran anspirasi, yang kelak akan menjadi pondasi masyarakat memilih pemimpin yang mampu memimpin bangsa dan negaranya. Dengan begitu pemilu harus dilakukan  dengan hati nurani, tanpa paksaan, sesuai dengan asas pemilu yang berbunyi :

LUBER (LANGSUNG, UMUM , BEBAS,RAHASIA) dan JURDIL ( JUJUR , ADIL )

·         Sesuai konteksnya makna kata langsung adalah kita menyampaikan anspirasi tanpa perantara siapapun, langsung nyoblos di TPS ( Tempat Pemungutan Suara ) tanpa bisa di wakili. Jadinya kita bisa memilih sesuai dengan hati nurani kita.
·         Umum, makna dari kata umum sendiri bahwasannya pemilu dilakukan sesuai syarat tanpa memandang status, jabatan, dsbg.
·         Bebas, berarti bebas memilih siapa saja yang dikehendakinya, yang dinyatakan sebagi pasangan calon yang di kadidatkan.
·         Rahasia, diartikan bahwasannya dalam pemilu, setiap pemilih tidak diperkenakan atau boleh merahasiakan siapa yang ia kehendaki sebagai pemilihannya.
·         Jujur,pemilu harus dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah disepakati, agar tidak ada pemilih yang tidak mendapati haknya.
·         Adil, perlakuan terhadap pemilih maupun PasCol ( Pasangan Calon ) adalah sama, tidak ada perlakuan yang istimewa.

Sesuai dengan asas diatas, kita sebagai pemilih tentunya harus lebih cerdas menyikapi semua hal yang ada bukan. Nah, pada sosialiasai tadi saya, sebagai pemula akan ikut menyemarakan pesta demokrasi guna pemilihan PasCol Bupati dan Gubernur beserta wakilnya. Apa sih syarat ikut nyoblos ?

Nah, pada sosialisasi kali ini yang diutamakan adalah pemula. Bagi pemula tentunya ini adalah hal yang sangat awam, pasalnya belum pernah sama sekali ikut, ataupun mencoblos pemilu seperti ini. Nah syarat ikut nyoblos adalah dengan kalian sudah berumur 17 tahun , dibulan Juni. Serta sudah memiliki E- KTP ataupun rekam KTP ( KTP Sementara ) yang dibawa saat melakukan pemungutan suara .  Sebelum itu, Petugas PPS ( Panitia Pemungutan Suara ) yang sudah dibentuk oleh PPK ( Panitia Pemungutan Kecamatan ) yang bertugas mendatangi pemilih guna memvalidasi data. Mereka,  melaksanakan COKLIT  di setiap rumah. Guna menghindari pemilih ganda, yang melibatkan adanya KK ( Kartu Keluarga ) ataupun KTP asli. Dengan begitu petugas PPS akan lebih mudah mencocokannya.

Setelah data terkumpul, Petugas PPS akan menyebar data Pemilihan Sementara atau DPS yang sudah di rekap.  Bagi, kalian pemilih bisa cek di berbagai tempat yang sudah tertempel di tempat strategis di daerah kalian. Ataupun dengan APPS STORE  dengan skema :
1.      Unduh aplikasi Dengan kata kunci “ Pemilih Cerdas ”
2.      Masukan data, untuk di validasi
3.      Jika data sudah ditemukan, data kalian sudah di validasi oleh panitia.

Pada scene ini kalian bisa mengajukan perubahan data, sebelum datang DPT ( Daftar Pemilih Tetap ) pada panitia penyelenggara. So guys, jangan sampai kelewatan untuk memvalidasi ulang data kita. Setelah itu, kita bisa menyoblos pada waktu yang sudah ditentukan. Gunakan hak pilih dengan bijak, karena Pembangunan 5 tahun kedepan tergantung di tangan kita. Baik ataupun tidaknya. Sebagai Pemilih Pemula tentu kita harus Cerdas, bersih demi terwujudnya semuah organisasi besar negara yang sejahtera.

Demikian hasil rekaman yang dapat saya jabarkan , dari sosialisai kemaren. Penyebab runtuhnya negara terletak pada pemimpin yang tidak andil terhadap rakyatnya, tidak amanah terhadap bangsanya. So jangan salah pilih, gunakan nuranimu untuk hak pilihmu. Salam Pemilukada.

Semoga Bermanfaat J

Sumber : 1. Ibu Heni ( Ketua PPS Madureso)
    2. Google


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi - Jeritan Seorang Petani -

Wisata Embung Kledung, Temanggung - Sebongkah Rindu Untukmu

Tanahku,Tanah Menempa Ilmu - Yayasan Syubbanul Wathon,Teglrejo Magelang